KUNINGAN,- Peringatan hari jadi kabupaten Kuningan ke-522 tahun ini dilaksanakan sangat berbeda mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Tidak adanya perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan hanya diadakan rapat Paripurna istimewa DPRD dalam rangka HUT kota Kuningan di gedung DPRD Kabupaten Kuningan. Rapat tersebut diselenggarakan secara langsung dan daring melalui media teleconference, turut hadir dalam acara tersebut yaitu Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda, SH., M.Si, Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama, para mantan bupati dan wakil bupati dan Kepala SKPD Se- Kabupaten Kuningan, Hadir juga beberapa aparatur pemerintahan yang meliputi wilayah perbatasan Kuningan seperti Kabupaten Cirebon, Ciamis, Cilacap, Kota Banjar, Kabupaten Brebes, Majalengka dan Pangandaran (Kunci Bersama). Para Pimpinan Partai Politik, Para Sesepuh Pembangunan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Angkatan ’45, PWRI, Pemuka Agama, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan beserta Pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kuningan Beserta Pengurus, Pimpinan Ormas Keagamaan, Organisasi Wanita, Organisasi Kepemudaan, Para Penerima Penghargaan, Organisasi Mahasiswa, Organisasi Profesi, Pengusaha, LSM, Pramuka, Osis, Dan Insan Pers, baik yang menghadiri secara langsung ataupun virtual, Selasa (01/09/2020).

Rapat Paripurna tersebut dibuka oleh Ketua sidang dan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat kota Kuningan oleh Sekretaris daerah. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan atas nama pribadi dan jajaran pemerintahan Kabupaten Kuningan permohonan maaf apabila pelaksanaan hari jadi tahun ini diselenggarakan secara sederhana dan tidak dapat menghadirkan seluruh elemen masyarakat mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Lalu pada kesempatan yang berbahagia ini juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kuningan mendapatkkan 19 prestasi dan pencapaian yang membanggakan baik ditingkat provinsi maupun tingkat kabupaten. Pada pelaksanaan pembangunan sampai akhir 2019 dipaparkan terdapat juga indikator-indikator pembangunan yang mengalami peningkatan. Jika dibandingkan dengan lima kabupaten/kota di wilayah 3 provinsi jawa barat, capaian IPM Kuningan berada di posisi kedua setelah Kota Cirebon.

Sambutan selanjutnya oleh Gubernur Jawa Barat yang diwakilkan Dodit Ardian Pancapana, ST, M.SC sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat melalui video teleconference. Beliau memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Kuningan yg ke-522. Harapan beliau semoga Kabupaten Kuningan bisa lebih aman, tertib dan agamis. Seperti tema yang telah diusung pada ulang tahun kali ini, yaitu Kuningan Bersatu Melangkah Maju, peringatan hari jadi Kuningan ini dilakukan sebagai ajang evaluasi dan membangkitkan semangat kerja, khususnya Aparatur Sipil Negara untuk lebih baik lagi, sesuai dengan misi pertama Kabupaten Kuningan yaitu Membangun Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang profesional, efektif, demokratif, dan terpercaya dengan Jiwa kepemimpinan nu SAJATI.

Setelah itu, sambutan dari Komjend. Pol. (Purn) Drs. H. Muhammad Nurdin, MM sebagai tokoh masyarakat Kuningan dan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada Kabupaten Kuningan melalui video teleconference dengan bertambahnya usia Kabupatan Kuningan ke-522, Kuningan telah membentuk identitas daerahnya sendiri. Melalui budaya masyarakat Kuningan yang dikenal dengan keunggulan, daya kreatif, keuletan, ketangguhan dalam meraih kemajuan dan kebajikan di berbagai aspek kehidupan. Harapannya semoga kedepannya Kuningan semakin maju sesuai dengan visi Kuningan maju yaitu makmur, agamis, dan pinunjul berbasis desa. Beliau juga mengapresiasi kepemimpinan Bupati Kuningan dan wakil bupati yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam pembangunan kota Kuningan dibantu dengan seluruh elemen masyarakat. (BID/IKP/DISKOMINFO)