Keberadaan Sungai Citamba yang berada di jantung kota Kuningan mendapat perhatian anggota Kodim 0615 Kuningan. Sebagai bentuk kepedulian TNI dalam turut serta menjaga lingkungan, Selasa (4/10), puluhan anggota Kodim 0615 Kuningan melakukan kegiatan bersih-bersih sungai Citamba dari sampah yang seolah tak pernah habis.

Kegiatan bersih-bersih sungai tersebut, dipimpin langsung oleh Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf. Arief Hidayat dengan melibatkan banyak lapisan masyarakat mulai dari Pramuka, Ormas, Dishub dan juga BPLHD Kuningan.

Dari pantauan Info Kuningan, dalam kegiatan tersebut Mereka bahu-membahu mengangkut sampah yang menyangkut di bebatuan serta membabat rumput yang tumbuh liar di dinding sungai. Sampah-sampah tersebut kemudian diangkut ke darat kemudian dibawa oleh kendaraan truk milik Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk kemudian dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciniru.

“Kegiatan bersih-bersih sungai ini dalam rangka memperingati Hari TNI ke-71 yang jatuh pada tanggal 5 oktober. Ini juga merupakan bentuk kepedulian kami (red Kodim 0615 kuningan) turut serta menjaga lingkungan terutama aliran Sungai Citamba yang melintasi jantung kota Kuningan dimana keberadaannya cukup vital,” kata Dandim Kuningan Arief Hidayat di sela-sela kegiatan.

Alasan lain kegiatan bersih-berisih sungai tersebut digelar, lanjut Dandim, adalah mengingat kondisi cuaca saat ini yang memasuki musim hujan serta berisiko terjadi luapan air akibat sumbatan sampah. Dia tidak ingin kejadian banjir bandang di Garut juga dialami Kabupaten Kuningan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di sekitar sungai untuk turut peduli dan menjaganya, minimalnya dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Citamba yang berada melintang dan menghiasi jantung kota Kuningan merupakan wajah sekaligus penopang kehidupan masyarakat di sekitarnya sehingga keberadaannya harus tetap terjaga,” pungkas Arief. (MC Kuningan/Yudi)