KUNINGAN,- Jelang Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M, muncul deretan akun media sosial palsu yang mengatasnamakan para pejabat publik di Kabupaten Kuningan.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Anwar Nasihin, S.Kom, M.Si., meminta warga lebih hati-hati dalam menggunakan medsos.
 
Selain mewaspadai hoaks dan informasi yang berisi ujaran kebencian, Anwar menegaskan agar masyarakat jangan percaya begitu saja terhadap berbagai akun yang mengatasnamakan seseorang, karena akun-akun tersebut berpotensi melakukan penipuan yang dapat merugikan masyarakat.
 
“Masyarakat jangan percaya begitu saja apabila ada akun facebook atau akun medsos yang lain mengatasnamakan Bupati Kuningan atau Pejabat Publik lainnya. Akun resmi dapat dilihat langsung dari profil dan juga postingan para pejabat publik di media sosial, seperti akun resmi dinas,” katanya.
 
Ia pun mengingatkan masyarakat dapat memberikan pendapat maupun komentar di media sosial dengan bahasa yang baik dan santun. Jangan sampai memberikan komentar maupun pendapat negatif yang dapat menimbulkan pertengkaran maupun kebencian.
 
“Kami mohon bagi warga Kabupaten Kuningan, menjelang Idul Fitri harus tetap kondusif, gunakan media sosial dengan bijak dan cerdas sesuai dengan UU ITE. Kami juga mengimbau agar berita atau informasi yang disebarluaskan di media sosial dapat dipertanggungjawabkan, dalam hal ini bukan hoaks dan ujaran kebencian,” ucapnya. (BID IKP/DISKOMINFO)