Ditengah-tengah permasalahan kebijakan kependudukan di era disentralisasi sekarang ini, Distric Working Group (DWG) Kabupaten Kuningan terus melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kepesertaan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Upaya tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya penyususnan rencana kerja DWG Kab.Kuningan tahun 2017 yang digelar selama tiga hari dari tanggal 4 sampai 6 Oktober 2016 di Aula Rapat Hotel Grand Purnama Kuningan.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP) yang merupakan mitra lokal Advance Family Planning itu, dihadiri ketua DWG Kab.Kuningan Dra.Hj.Poppy N Puspitasari serta seluruh Anggota yang merupakan perwakilan dari beberapa instansi di lingkup pemerintah Kabupaten Kuningan.

Dalam kegiatan penyusunan rencana kerja tersebut, seluruh komponen DWG mempresentasikan rencan kegiatan yang dapat memberikan kontribusi dalam mencapai sasaran dan target yang telah ditentukan sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing.

Melalui kegiatan tersebut, DWG Kabupaten Kuningan berhasil menyusun Rencana Kerja/Work Plan tahun 2017 yang dapat berkontribusi pada peningkatan pencapaian Program KB, khususnya peningkatan jumlah pengguna MKJP di Kabupaten Kuningan.

Beberapa rencana yang menjadi prioritas dalam Work Plan DWG tahun 2017 tersebut yakni menyusun rencana advokasi untuk menganggarkan program KB dari Dana Desa, membina dan mengembangkan jumlah Kampung KB, menyusun juknis perencanaan program KB serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat target program KB tentang pentingnya MKJP. (MC Kuningan/Yudi)