Dalam upaya melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan budaya lokal Kabupaten Kuningan yang semakin tersisih di era modern sekarang ini, serta sebagai upaya menyebarluaskan informasi pembangunan Kabupaten Kuningan, tidak tanggung-tanggung Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, menggelar pentas seni di Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (18/9).

Dalam acara tersebut, Diskominfo Kab.Kuningan membawa dua sanggar seni yang tergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FK METRA) Kabupaten Kuningan, yakni sanggar seni “Galeor” dan Sanggar seni “DNR” yang menampilkan seni tradisional Calung dan Sintren.

Turut hadir dalam acara pentas seni tersebut, Kepala Balai Pengelolaan Anjungan (BPA) Jawa Barat, Dra.Hj. Indah Ine Hermina, M.Si, beserta jajaran, Sekretaris Diskominfo Kab.Kuningan, Eko Yuyud Mahaendra, AP., M.Si, Kabid Komunikasi Diskominfo Edi Mukhtar S.IP dan sejumlah pejabat serta pegawai Diskominfo Kab.Kuningan.

Sebelum pergelaran dimulai, Kepala BPA Jawa Barat memberikan cindera mata kepada Sekretaris Diskominfo serta kepada pimpinan sanggar seni galeor Wawan Jam’ani dan Dede Nono Rukmana pimpinan sanggar seni DNR.

Selama pergelaran berlangsung, penampilan yang dikemas apik dari dua sanggar seni binaan Diskominfo itu, berhasil menghibur ratusan pengunjung yang hadir. Hal itu terbukti, dengan tetap bertahannya para penonton menyaksikan pergelaran tersebut sampai akhir.

Usai pementasan berlangsung, Kepala Bidang Komunikasi Dsikominfo Kab.Kuningan Edi Mukhtar Kepada Info Kuningan mengatakan, maksud dan tujuan dari pertunjukan seni tersebut adalah sebagai wahana menyampaikan informasi tentang keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kuningan sekaligus sebagai ajang promosi seni dan budaya lokal.

“Salah satu tupoksi Diskominfo adalah dalam hal diseminasi informasi, untuk itu kami terus berupaya menyebarluaskan berbagai informasi kepada masyarakat baik itu informasi program maupun kebijakan pemerintah, baik pusat maupun daerah, salah satunya melalui media pertunjukan rakyat yang sekarang digelar,” kata Edi.

Masih menurut Kabid Komunikasi, kegiatan yang pertama kali digelar Diskominfo Kab.Kuningan di TMII itu, merupakan salah satu bentuk inovasi dalam penyebarluasan informasi yang dilakukan sampai keluar daerah.

“Kegiatan seperti ini kan pertama kali dilakukan Diskominfo, karena kita tahu bahwa warga Kuningan banyak yang merantau di Jakarta. Untuk itu, berbagai informasi terkait pembangunan di Kabupaten Kuningan tidak hanya disampaikan kepada masyarakat yang ada di daerah saja namun perlu juga disampaikan kepada warga kami yang ada diperantauan khususnya Jakarta, supaya mengetahui tentang program serta kebijakan pemerintah daerahnya,” tutur Edi.

Selanjutnya Edi berharap, kegiatan pentas seni tersebut, dapat dijadwalkan sehingga menjadi agenda rutin BPA Jawa Barat dan Diskominfo Kab.Kuningan.

“Semoga kedepan kita bisa menjadwalkan kegiatan pentas seni seperti ini sehingga menjadi agenda rutin pihak BPA Jawa Barat, supaya kita bisa terus menerus menyampaikan informasi kepada masyarakat Kuningan yang ada di Jakarta, sekaligus memberikan hiburan dan mengobati rasa kangen masyarakat perantau terhadap daerahnya sendiri dengan meanampilkan kesenian-kesenian asli Kabupaten Kuningan," pungkasnya. (Yudi/MC Kuningan)