Disiplin, merupakan modal utama bagi seseorang untuk menjadi pemimpin, sebab tanpa kedisiplinan seseorang akan lalai dan terbengkalai dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Untuk itu, sikap disiplin harus diterapkan sejak dini sehingga menjadi pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kab.Kuningan, H.Dedi Supardi, M.Pd, saat membuka kegiatan Sosialisasi Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) Tahun 2016, Selasa (27/9) di Aula Gedung PGRI Kab.Kuningan.

Kegiatan yang diikuti Kepala UPTD Pendidikan kecamatan se-Kabupaten Kuningan, Perwakilan SMP/MTS dan SMA//SMK/MA, juga turut dihadiri Kabid Dikdas, Drs.Suharso, M.Pd, Kabid Dikmen Drs.Ayip Syarif Rohman, Ketua PGRI serta Perwakilan Kodim 0615 Kuningan.

Selanjutnya Dedi mengemukakan, salah satu wahana untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kedisiplinan ialah melalui upacara bendera. Kerana menurut Dedi, dalam upacara bendera, terdapat rangkaian tindakan dan gerak yang ditata sedemikian rupa dengan tertib dan disiplin.

“Hakikat dari upacara bendera adalah cerminan dari nilai budaya bangsa yang merupakan pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain,” kata Dedi.

Dijelaskan Sekdis Disdikpora, dalam upacara bendera sederet acara digelar yang semua itu bermuara pada upaya memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada siswa dan guru agar disiplin dalam segala hal serta memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme dan idealisme.

“Upacara bendera juga merupakan representasi dan aktualisasi diri dalam rangka menghargai dan mengenang jasa-jasa para pahlawan,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Generasi Muda Bidang Pora Disdikpora Kab.Kuninga, Bayu Rusman, M.Si dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan LTUB tahun 2016 yang bakal digelar pada bulan November mendatang, akan diikuti oleh seluruh sekolah mulai dari SD, SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Kabupaten Kuningan, dimana dalam pelaksanaannya akan melibatkan sembilan orang tim penilai.

“Melalui LTUB 2016 yang akan digelar bulan November mendatang, diharapkan terwujudnya upaya pembinaan disiplin siswa dan pengembangan bakat, minat dan potensi siswa serta mendorong tumbuh kembangnya sikap siswa memilki jiwa nasionalisme, patriotisme, idealisme dan memiliki jiwa kepemimpinan,” tandas Bayu.(Yudi/MC Kuningan)