KUNINGAN, Sabtu (23/05/2020) Bupati Kuningan terima bantuan Mesin Pembersih Udara Sterilisasi Covid-19 (Covid-19 Disinfection Sterilization Air Purifier), sebuah alat untuk membersihkan udara di dalam ruangan dan dapat membunuh virus-virus di udara tersebut, alat ini di produksi  oleh Chamhana Technology Research Institute di Korea Selatan bekerajsama dengan perwakilan PT. Bio Cosmos Indonesia.

Donasi alat Pembersih Udara Sterilisasi Covid-19 itu sendiri dilakukan oleh CEO PT. Bio Cosmos Solid Indonesia Shin Sang Cho didampingi Direktur PT. Chamhana Technology Research Institute Korea Selatan, Choi Dong Min dan diterima langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, di Ruang Crisis Center Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan menjelaskan, bahwa peralatan itu sebelum diserahkan secara resmi kepada pihak Pemerintah Kabupaten Kuningan, terlebih dahulu diujicobakan di ruang perawatan pasien Covid-19 RS. Linggajati, dengan hasil yang cukup memuaskan.

“alat ini telah diujicobakan terlebih dahulu di Rumah Sakit Linggajati, dan diperoleh testimoni dari dr. Edi Martono, MARS, serta Kepala Ruangan Perawatan Pasien Covid 19 Roheman, ketika alat tersebut di pasang, pemulihan pasien positif covid-19 lebih cepat pulih di karenakan dari fungsi alat air purifier tersebut membuat udara di ruangan tersebut menjadi bersih dan baik tercipta ion ion udara yang baik untuk kesehatan,” ujar Bupati

"Alhamdulilah, di samping mungkin pola metode pengobatan lainya, namun ada sebuah keistimewaan pada saat ruangan perawatab di tempatkan alat Disinfection Sterilization Air Purifier ini, beberapa pasien Covid-19 bisa pulih dengan cepat di karenakan mengingat fungsi alat ini adalah mensterilkan udara sehingga virus yang ada di dalam ruangan tersebut mati, pasien bisa menghirup udara bersih yang membuat tubuh pasien jadi lebih sehat" papar bupati

menurut testimoni Direktur RSUD Linggajati, serta Kepala Ruangan Perawatan Pasien Covid-19, pada ruangan yang terdapat pasien Covid-19 dipasang alat Bio Cosmos Covid-19 Disinfection Sterilization Air Purifier, hasilnya sangat baik dimana di ruangan pasien yang ada alat tersebut, pemulihan nya lebih cepat dan sangat baik sekali, berbeda dengan sebelumnya, mudah mudahan alat ini bisa membantu pemulihan para pasien covid-19.

alat ini nantinya akan ditempatkan di RS. Eks Citra Ibu, dimana ditempat itu saat ini terdapat pasien yang positif, dan jika pasien tersebut bisa sembuh, Kuningan bisa menjadi Pilot Project bagi kabupaten juga kota lainnya di Indonesia dalam mengantisipasi wabah virus Corona.

Sementara itu CEO PT. Bio Cosmos Shin Sang Cho menuturkan, bahwa alat tersebut tercipta dari tugas percobaan Asosiasi Inframerah Korea kepada Chamhana Technology Research Institute, dengan hasil yang membuktikan memiliki efek sangat baik untuk mensterilkan semua virus.

melalui PT. Bio Cosmos, ujar Shin, alat ini disumbangkan ke Indonesia, untuk membantu pasien Covid-19, agar mempunya harapan cepat sembuh, serta kembali sehat.

“Luar biasanya, kami bersyukur bisa melakukan donasi di Indonesia ini untuk pertama kalinya ke Kabupaten Kuningan. Semoga bermanfaat, demi meringankan beban para medis, beserta tim yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19,” ujar Mr.Shin (BID/IKP DISKOMINFO)