UPTD Puskesmas Lamepayung Kuningan, bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) KabupatenKuningan, menggelar Pelatihan Dokter Kecil selama dua hari, dari 13 – 14 Oktober 2016, yang dipusatkan di kantor UPTD Pendidikan Kec.Kuningan.

Kegiatan tersebut, diselenggaraakn dalam upaya membentuk perilaku hidup sehat sejak dini, sekaligus memberikan pengetahun tentang kesehatan, sekaligus membentuk perilaku hidup sehat sejak dini.

Kepala UPTD Puskesmas Lamepayung Kabupaten Kuningan Lia Rohmalia, S.K.M., M.M.Kes, kepada Info Kuningan, Kamis (13/10), mengatakan, kegiatan pelatihan dokter-kecil tersebut, diikuti oleh 140 siswa-siswi sekolah dasar (SD/MI) yang menjadi binaan pihaknya.

“Pelatihan iIni diikuti oleh 140 siswa-siswi SD dan MI dari 20 sekolah yang menjadi binaan kami. Pelatihan ini sendiri akan dilaksanakan selama dua hari, hari pertama indoor dengan memberikan free test dan hari kedua akan diberikan pelatihan langsung yang akan dilaksanakan di uotdoor,” kata Lia.

Lia menuturkan, pelatihan dokter kecil tersebut bertujuan untuk membentuk perilaku hidup sehat bagi siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya. Ia berharap, setelah diberikan pengetahuan tentang kesehatan, setiap siswa dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, dapat memperhatikan kesehatan pribadinya, mampu menjadi kader kesehatan bagi siwa lain sehingga setiap siswa menjadi siswa yang sehat dan pintar.

“Melalui pelatihan dokter-kecil ini, diharapkan para murid bisa menjadi penggerak atau kader kesehatan, minimal di lingkungannya sendiri, dan jadi penolong bagi dirinya sendiri dan orang lain,” kata Kepala UPTD Puskesmas Lamepayung.

Kegiatan yang dibiayai oleh Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tersebut, UPTD Puskesmas Lamepayung Kuningan juga turut menggandeng perusahaan Walls untuk memperkenalkan produk es krim Walls sebagai salah satu jajanan sehat. (MC Kuningan/Yudi)