PPID KAB.KUNINGAN GELAR OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI PPID PEMBANTU

Dalam upaya peningkatan pelayanan informasi publik kepada masyarakat, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Kuningan, menggelar kegiatan Optimalisasi Peran dan Fungsi PPID Pembantu di lingkungan Pemerintah Kab.Kuningan pada hari Kamis (26/11/2015) di Ruang Rapat Purbawisesa Setda Kab.Kuningan.

Kegiatan yang dibuka Kepala Diskominfo Kab.Kuningan yang sekaligus sebagai Sekretaris PPID Kab.Kuningan Drs.H.Nurahim, M.Si, dihadiri pemateri dari Komisi Informasi Jawa Barat M.Zen Al-Faqih serta PPID Pembantu dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kab.Kuningan.

Drs.H.Nurahim, M.Si saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, dengan adanya UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Pemerintah berkewajiban menyediakan dan melayani setiap permohonan informasi dari masyarakat secara cepat, tepat waktu dan biaya ringan dengan cara yang sederhana. Karena salah satu tata kelola yang baik dalam pemerintahan adalah adanya keterbukaan informasi.

“Para pejabat pengelola informasi baik di PPID Kabupaten, SKPD, Badan Publik dan Kecamatan, harus betul-betul menguasai aturan perundang-undangan tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana harus dapat memilah jenis informasi sehingga bisa memberikan informasi yang tepat sesuai permintaan dari masyarakat pemohon informasi,” Kata H.Nurahim

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Informasi Jawa Barat M.Zen Al-Faqih, selaku pemateri, dalam paparannya fokus membahas tentang pengecualian informasi berdasarkan UU KIP dan peraturan perundang-undangan lainnya, antara lain UU ITE, UU Perbankan, UU Jamkesmas, UU Sismindukcapil, dan UU Telekomunikasi.

Saat memasuki sesi diskusi, salah satu peserta kegiatan dari PPID Pembantu mengusulkan agar kegiatan semacam ini, juga diselenggarakan untuk insan media, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Tujuannya, agar masyarakat mengetahui hak-haknya dan juga tahu bagaimana prosesnya dalam memperoleh informasi publik. (MC Kuningan/Yudi)