Masuk Sepuluh Besar Tim Recheking P2WKSS Provinsi Jawa Barat Kunjungi Desa Japara

Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merupakan salah satu program terpadu lintas sektor yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui peran perempuan dalam keluarga seiring dengan meningkatnya pembangunan di Kabupaten Kuningan.

Dalam upaya memfasilitasi peran perempuan dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan sosial dan budaya, harus ditunjang dengan meningkatkan indeks prestasi yaitu dengan cara meningkatkan pendidikan, kesehatan serta peningkatan ekonomi keluarga.

Desa Japara yang ditunjuk sebagai lokasi P2WKSS untuk tahun 2015, kembali mendapat kunjungan Tim Recheking P2WKSS Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/11/2015) setelah dinyatakan masuk sepuluh besar dalam penilaian P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat pada tanggal 20 Oktober 2015 yang lalu.

Kedatangan Tim Recheking yang diketuai DR.Hj.Neni Kencanawati, M.Si tersebut, disambut langsung Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Sugandha, S.Sos.,M.AP didampingi Kepala BKBPP Kab.Kuningan Dra.Hj.Poppy N Puspitasari beserta jajaran. Selain Bupati, Kegiatan tersebut juga turut dihadiri, Wakil Ketua DPRD Kab.Kuningan H.Toto Suharto, S.Farm, Apt, Sekda Kab.Kuningan Drs.H.Yosep Setiawan,M.Si, Para Kepala SKPD, Camat Japara, Ketua TP.PKK Kab.Kuningan Hj.Ika Acep Purnama dan undangan lainnya.

Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Suganda dalam sambutannya mengatakan, Program Terpadu P2WKSS adalah salah satu bentuk upaya meningkatkan derajat peran perempuan dalam berbagai bidang sekaligus pemberdayaan masyarakat untuk merubah kebiasaan perilaku hidup, dari yang tadinya kurang sehat menjadi sehat, tadinya hanya sekedar konsumen sekarang diharapkan bisa menjadi produsen sehingga terwujud keluarga sehat dan sejahtera. Bupati juga mengemukakan, dalam rechecking tersebut,

Tim Recheking P2WKSS Jawa Barat dapat memberikan penilaian terbaik yang bermanfaat bagi perubahan perilaku dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Japara. “Kalaupun ada penilaian itu bukanlah tujuan utama, namun yang terpenting adanya perubahan positif dan mendorong spirit masyarakat Japara dalam membangun desanya,” kata Utje.

Sementara itu, Ketua Tim Recheking P2WKSS Provinsi Jawa Barat DR.Hj.Neni Kencanawati mengemukakan, hal terpenting dalam program P2WKSS adalah kebersamaan dalam membangun. Kerjasama antar sektor terkait di lingkungan Pemerintah daerah bersama masyarakat, terutama dalam membangun perempuan yang sehat, kuat, maju dan berkualitas.

“Keluarga merupakan unit sosial terkecil dalam tatanan negara yang harus di bangun menjadi tatanan sosial yang sehat, bersih dan berkualitas, sehingga tercipta keluarga yang harmonis dan sejahtera serta jauh dari tindakan KDRT,” kata Neni.

Menurut Hj.Neni, Perempuan atau seorang ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam keluarga, terutama dalam memberikan pendidikan dan pengawasan terhadap anak di era globalisasi saat ini. “Program P2WKSS diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup, kesehatan dan kesejahteraan keluarga serta kesederajatan/kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki, karena untuk membangun ketahanan negara harus dimulai dari ketahanan keluarga” pungkas nya.

Didampingi Kepala BKBPP Kab.Kuningan, PKK Desa Japara serta sejumlah yang hadir, selanjutnya rombongan Tim Recheking P2WKSS Provinsi Jawa Barat, meninjau beberapa lokasi kegiatan pembangunan program P2WKSS di desa tersebut. (Yudi/MC Kuningan)