Bupati Kuningan Lounching Gerbang MAS dan Pencanagan Hari Santri Nasional

Program Gerakan Pengembangan Membaca Al-Qur’an Masyarakat (Gerbang Mas) yang di gagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuningan, rupanya mendapat tanggapan serius dari Pemkab Kuningan. Buktinya, Bupati Kuningan Hj Utje Ch Suganda, Senin (12/10/2015) melakukan Launching Gerbang Mas dan Pencanangan Hari Santri Nasional, yang terangkai dalam Kegiatan Pekan Muharam 1437 H yang dilaksanakan di kawasan Kuningan Islamic Center (KIC) Jl.Dr.Ir.Soekarno cirendang-Cijoho.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Sekda kab.Kuningan H. Yosep Setiawan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab Kuningan, sejumlah Kepala SKPD, ketua MUI Kab. Kuningan, Ketua TP PKK Kab. Kuningan, Ketua DPW Kab. Kuningan serta undangan lainnya.

Menurut Kepala Bagian Kesra Drs. Toto Toharudin, M.Pd dalam laporanya menjelaskan, bahwa dalam kegiatan Pekan Muharam 1437 H, digelar berbagai acara. Dimulai dengan launching Gerbang Mas, Pencanangan Hari Santri Nasional, Pembukaan Bazar Muharam dan Pembukaan rakerda MUI Kabupaten Kuningan tahun 2015, Pagelaran Seni Islam dalam bentuk lomba marawis dan rebana se- kabupaten Kuningan, Parade hijrah, Drumband Islami, Tabligh akbar dan kemah kerja Rohaniawan Islam Sekolah se-kabupaten, Parade Sholawat dan Yasin Akbar serta lomba Busana Muslim.

Sementara Bupati Kuningan Hj. Utje Ch suganda dalam sambutannya menungkapkan, bahwa hadirnya ulama ditengah-tengah masyakat diharapkan sebagai penyejuk, pengayom, dan menjadi sumber inspirasi. selanjutnya melalui rapat kerja MUI yang akan digelar, harus dapat menjawab tantangan jaman , memberikan solusi-solusi cerdas terhadap permasalahan yang ada disekitar kita.

Selanjutnya Bupati meminta, kepada para pemuda remaja pejuang yang tergabung dalam Badan Komunikas Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kab. Kuningan, untuk terus menggelorakan semangat membaca Alquran ditengah-tengah masyarakat melalui Taman Pendidikan Al-qur’an, yang diharapkan menjadi lini terdepan dalam memberantas buta huruf Al-qur’an yang dimulai dari tingkat anak-anak sampai dewasa.

“Rangkaian Pekan Muharam ini harus dijadikan sarana untuk terus menggali dan mengembangkan umat Islam dalam mengisi pembangunan. Saya juga meminta bahwa Launching pengembangan membaca Alquran jangan hanya dijadikan momentum sesaat, tapi harus dijadikan ajang membangun kesadaran dan kewajiban kepada seluruh komponen masyarakat Kuningan untuk menggemakan membaca Al-qur’an.” Kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh Penggerak Baca Al-qur’an, diantaranya KH. Drs. Syahid Haeruddin, KH. Iim Abdul Karim (Alm) dan KH. Nawawi Rosyadi atas jasa-jasa yang diberikan dalam Syiar Islam di Kabupaten Kuningan. (Yudi/MC Kuningan)