BUPATI KUNINGAN HADIRI SYUKURAN DAN PENAMBAKAN DAWUAN SUNGAI CISANGGARUNG

Acara tradisi syukuran dan penambakan dawuan Sungai Cisanggarung di Desa Mekarsari, Kecamatan Maleber Kamis (30/7/2015) diserbu warga setempat. Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Suganda, Kepala SDAP H.Amiruddin serta Muspika Kecamatan Maleber.

Kepala Desa Mekarsari, Carbu Surya dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dengan digelarnya acara tersebut, karena setelah tujuh tahun, acara tersebut baru digelar kembali tahun ini.

” saya juga sangat bangga karena kehadiran Ibu Bupati yang memberikan semangat kepada masyarakat Desa Makarsari untuk terus giat bergotong royong membangun desa”. Tutur Carbu.

Sementara itu, Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda sangat mengapresiasi kepada seluruh komponen mayarakat yang telah melaksanakan tradisi/budaya penambakan dawuan sungai Cisanggarung. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu nilai kearifan lokal yang perlu dipertahankan ditengah-tengah degradasi kesadaran partisipasi masyarakat yang semakin memperihatinkan.

“Tradisi ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Kuningan dalam rangka percepatan swasembada pangan dan sangat erat kaitannya dengan penyediaan dan pengingkatan infrasrtuktur sumber daya air dan irigasi dalam mendukung keberhasilan sektor pertanian, sekaligus dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasioanal”. Pungkas Utje. (Yudi/MC Kuningan)