Melalui e-Samsat, Masyarakat Kuningan Bisa Bayar Pajak Kendaraan di ATM

Masyarakat Kabupaten Kuningan, yang akan melakukan pembayaran SWDKLLJ, Pajak Kendaraan Bermotor dan Regident Ranmor serta pengesahan STNK Tahunan, sekarang gak perlu repot dan mengantri lagi di Kantor Samsat. Pasalnya saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Polda Jabar, Bank BJB dan PT.Jasaraharja Putra telah melakukan kerjasama dengan meluncurkan e-Smasat BJB. Demikian dijelaskan Kepala Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Kuningan, Dra.Susiawati, M.AP melalui keterangan tertulisnya kepada Info Kuningan Jum’at (16/1/2015).
Dalam keterangan tertulis, selanjutnya Susiawati menjelaskan, Melalui e-Samsat, maka pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor yang berada di wilayah hukum Polda Jawa Barat dan regident bisa dilakukan di ATM Bank BJB diseluruh Indonesia, sehingga mempermudah pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraanya.
Sementara mekanisme untuk mendapatkan layanan e-Samsat, masih menurut Susiawati dalam keterangan tertulisnya, terlebih dahulu masyarakat harus melakukan pendaftaran melalui pesan singkat (SMS) ke 08112119211 dengan mengetik No Chasis, NIK dalam KTP, dan alamat email. Dengan format pengetikan: esamsat (spasi) no. chasis (spasi) no. KTP (spasi) e-mail.
Apabila data yang dimasukkan benar, server SMS Gate Way akan menjawab dengan memberikan KODE BAYAR berupa 16 digit angka.
Setelah mendapatkan kode bayar, masyarakat wajib pajak, dapat mengunjungi ATM Bank BJB kemudian menekan tombol MENU PEMBAYARAN, kemudian menekan tombol MENU PAJAK/RETRIBUSI PROVINSI JABAR, lalu menekan tombol MENU PAJAK KENDARAAN dan memasukkan kode bayar.
Selanjutnya, Pada layar ATM Bank BJB akan muncul tampilan data-data kendaraan bermotor yang dimiliki wajib pajak, termasuk besaran jumlah PKB dan SWDKLLJ yang harus dibayar serta masa berlaku. Apabila wajib pajak setuju dengan penetapan besaran PKB dan SWDKLLJ, wajib pajak dapat meneruskan proses tersebut dengan menekan tombol YA.
Setelah proses pembayaran selesai, mesin ATM Bank BJB secara otomatis akan mengeluarkan cetakan bukti pembayaran untuk wajib pajak. Bukti pembayaran PKB tersebut berlaku sebagai pengganti SKPD dan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pengesahan STNK tahunan.
Wajib pajak dapat melakukan penukaran SKPD atau pengesahan STNK di seluruh Kantor Bersama Samsat dan sentra-sentra layanan Samsat se-Jawa Barat.
Masih menurut Kepala Cabang Layanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kab.Kuningan dalam keterangan tertulisnya, selain memberi kemudahan dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat, e-Samsat juga bertujuan untuk menghindari praktik pencaloan dan pungli yang mengakibatkan biaya PKB menjadi tinggi. (Yudi/Bidkom Diskominfo Kng)