Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Kuningan Resmikan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Desa Mekarsari

Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Kuningan, H. Suraja, SE, M.Si, didampingi Camat dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cipicung, pada hari Senin (12/01/2015) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Desa Mekarsari Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan.

Pembangunan kantor desa tersebut bersumber dari dana Inprastruktur Pedesaan (IP) Tahun Anggaran 2015. Pada kegiatan tersebut, H. Suraja, SE, M.Si mengatakan, pembangunan kantor desa merupakan upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Pengerjaannya yang melibatkan masyarakat desa, akan menimbulkan rasa memiliki (swakelola) di bawah tanggung jawab kepala desa dan camat. Dengan demikian kantor yang menjadi pusat pelayanan masyarakat ini dapat dirawat dan dipelihara secara bersama-sama oleh masyarakat setempat.

“ Optimalnya pelayanan masyarakat di desa akan sangat menentukan keberhasilan kualitas di tingkat kecamatan maupun kabupaten,” kata Suraja.

Lebih lanjut Asisten Pemerintahan mengatakan, dengan diberlakukannya Undang-undang Desa, dimana segala bentuk bantuan dana akan langsung datang kedesa, oleh karena itu, setiap desa diharapkan mampu mengembangkan berbagai pembangunan, baik inprastruktur, kesehatan maupun perekonomian masyarakat desa.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Desa Mekarsari, Hendi Sugiarto, SE mengemukakan, Pembangunan Kantor Desa serta fasilitas lainnya yang akan dibangun, diperkirakan akan memakan waktu selama 2,5 tahun serta menelan biaya sebesar 960 juta Rupiah. Dimana biaya tersebut bersumber dari dana IP 100 juta Rupiah, ADD 27 Juta Rupiah, PADES 30 juta Rupiah, sementara sisanya bersumber dari swadaya masyarakat.

Kepala Desa Mekarsari berharap, setelah memiliki kantor desa yang baru, upaya pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi. Selanjutnya, kedepan dirinya bersama seluruh komponen masyarakat akan lebih mengembangkan pembangunan di desanya dalam upaya menunjang serta meningkatkan perekonomian masyarakat. ( Yudi/BidKom Diskominfo Kng ).