BUPATI KUNINGAN : “RASKIN HARUS TEPAT SASARAN”

Bupati Kuningan, Hj.Utje Ch Suganda meminta penyaluran beras miskin (raskin) di Kabupaten Kuningan untuk tahun 2015 harus tepat sasaran, lebih baik dari tahun sebelumnya. Caranya dengan terus melakukan evaluasi dan koordinasi bagi masyarakat penerima raskin di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. "Para Kepala Desa harus proaktif membantu pelaksanaan, pengawasan dan penyaluran raskin kepada masyarakat yang sangat membutuhkan. Khususnya pembagian 15 Kg beras bagi Rumah Tangga Miskin yang memerlukan," kata Utje, saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Program Raskin 2015 di GOR Ewangga Kuningan Selasa (24/2/2015) yang dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab.Kuningan, Para Asisten, para Kabag, Kepala BPMD, Kepala Perum Bulog Cirebon, para camat dan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Kuningan.
Utje meminta keberhasilan penyaluran raskin di Kabupaten Kuningan harus tetap dipertahankan, lewat penyaluran tepat sasaran kepada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat ( RTS-PM) Penyaluran juga harus tepat waktu, jumlah, harga dan administrasinya serta kualitas beras raskin harus layak konsumsi agar bisa dinikmati masyarakat.
“ Kabupaten Kuningan telah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Kabupaten dengan penyaluran Raskin terbaik selama 3 tahun berturut-turut termasuk tahun kemarin (2014). Untuk tahun 2015 saya meminta, agar keberhasilan itu dapat dipertahankan” ujar Utje.
Selanjutnya Bupati Kuningan H.Utje Ch Suganda menjelaskan, untuk tahun 2015, Kabupaten Kuningan mendapat alokasi Raskin sebanyak 15.908.220 Kg untuk 88.379 KK Penerima manfaat raskin, dimana masing-masing rumah tangga menerima 15 Kg tiap bulannya.
Dalam sambutannya Utje juga menegaskan, bila ada penyalgunaan dalam penyaluran raskin, pihaknya bersama Polres Kuningan akan menindak tegas para pelaku penyalahgunaan tersebut. “kami Pemerintah Kabupaten Kuningan, telah bekerja sama dengan Polres, akan menindak tegas bila ada penyalahgunaan dalam penyaluran raskin, tapi saya yakin di kuningan tidak akan terjadi hal itu”. Tegas Utje
Selesai memberikan sambutan, Bupati Kuningan langsung memberikan penghargaan kepada 5 Kecamatan di Kabupaten Kuningan sebagai penyalur Raskin terbaik, yakni Kecamatan Cidahu, Ciwaru, Selajambe, Hantara dan Kecamatan Sindang Agung.
Ketika ditanya soal harga beras yang terus mengalami kenaikan, Bupati Kuningan Utje Ch Suganda mengatakan, dirinya bersama para stake holder dari dinas terkait, akan segera melakukan operasi pasar untuk menanggulangi harga beras. “Saya bersama Stake holder terkait, akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga beras, kasihan dong masyarakat kalau harga beras terus naik, nanti masyarakat tidak sanggup untuk beli beras, dan itu sudah kewajiban saya sebagai pemimpin untuk membantu rakyat”. Jelas utje Kepada Info Kuningan sebelum meninggalkan acara. (Yudi/MC Kuningan)