LS.CALUNG RAMAYANA HIBUR MASYARAKAT DUKUHPICUNG

Foto : Lingkung Seni Calung Ramayana saat menghibur masyarakat Desa Dukuhpicung Luragung pada acara Pagelaran Seni Tradisional Komunikatif Diskominfo Kab.Kuningan

Kesenian tradisional calung, yang keberadaanya sudah jarang terlihat di tengah-tengah masyarakat, pada sabtu malam (7/3/2015) digelar di Desa Dukuhpicung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan. Pementasan Calung yang di gelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan tersebut, dalam rangka kegiatan Peningkatan Pelayanan Informasi Pembangunan Kepada Masyarakat Tahun 2015 dengan tema “Ngawangun Lembur”.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Luragung, Kepala Desa Dukuhpicung beserta jajaran, BPD, LPM, Tokoh agama dan Pemuda Desa Dukuhpicung serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Dukuhpicung Siti Rokayah, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, yang telah memilih Desa Dukuhpicung sebagai salah satu lokasi kegiatan tersebut. Siti Rokayah berharap, kedepan kegiatan tersebut bisa dilaksanakan kembali didesanya, mengingat wilayahnya yang jauh dari pusat kota jarang mendapat kesempatan menikmati hiburan secara langsung seperti pementasan calung.

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, Drs. Nurahim, M.Si saat memberikan sambutan mengatakan, calung sebagai salah satu budaya milik masyarakat Sunda, diharapkan keberdaannya mampu bertahan di era modern dan tetap berada di hati setiap masyarakat. Pemilihan pementasan calung sebagai kesenian tradisional komunikatif, bukan semata-mata sekedar menampilkan kreasi saja, tetapi lebih dari itu adalah pemberdayaan sekaligus pemberian pengakuan kepada penggiat seni untuk turut serta berkontribusi dalam menyebarluaskan informasi pembangunan.

Selanjutnya, melalui kegiatan yang bertema “Ngawangun Lembur” tersebut, Kepala Diskominfo mengajak kepada seluruh aparatur desa untuk meningkatkan kopetensi dan kemampuan dalam mengelola desa, Karena menurut UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, setiap desa akan menerima kucuran dana yang besar dari APBN untuk meningkatkan potensi-potensi yang ada di desa sehingga adanya pemerataan pembangunan, baik dari sektor pendidikan, perekonomian dan prasarana antara perdesaan dan perkotaan.

Pementasan calung yang dibawakan oleh Lingkung Seni Calung Ramayana Group dari Kelurahan Widuhaji, mampu menghibur dan mengundang perhatian masyarakat, hal itu terbukti dengan riuhnya gelak tawa penonton dan antusiasnya masyarakat yang datang memenuhi Halaman Balai Desa Dukuhpicung untuk menyaksikan pertunjukan tersebut. (MC Kuningan/Yudi)