Bupati Kuningan : Balita Sebagai Generasi Penerus Bangsa Harus Bebas Polio

Polio merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang system saraf, sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan. Penyakit yang pada umumnya menyerang anak usia 0-3 tahun ini ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher dan sakit di tungkai dan lengan. Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit polio telah dilakukan melalui gerakan imunisasi polio dan ditindaklanjuti dengan kegiatan surveilan sepidemiologi.

Mengingat begitu pentingnya imunisasi polio untuk balita, pada acara Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Kuningan yang dipusatkan di halaman kantor kecamatan Cipicung, Selasa (8/3/2016) Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Suganda, S.Sos., M.AP saat memberikan sambutan menghimbau kepada ibu-ibu yang memilki anak balita usia 0-59 bulan untuk mengikuti kegiatan PIN Polio di pos PIN terdekat, guna mencegah balita terkena virus polio sekaligus mempersiapkan generasi penerus yang sehat bebas polio.

“Kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya memberikan perlindungan optimal dari penyakit polio di Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan. Melalui Pekan Imunisasi Nasional ini, semua anak balita diberi imunisasi tambahan polio, agar mereka kebal terhadap penyakit polio. Kita berharap melalui PIN ini, Indonesia dapat mempertahankan status bebas polio dan berkontribusi dalam mewujudkan dunia bebas polio pada tahun 2020. Untuk itu Semua pihak diharapkan memberikan dukungan bagi kesuksesan PIN Polio ini mengingat pentingnya kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuningan, H.Raji K Sarji, SE, M.M.Kes dalam laporannya menyampaikan, PIN Polio yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dari tanggal 8 sampai dengan 15 Maret 2016, menargetkan sasaran para balita usia 0-59 bulan, yang merupakan kelompok paling rentan tertular penyakit polio. Tercatat, terdapat 92.726 orang balita yang tersebar di 32 kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

“Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan mengajak seluruh warga Kabupaten Kuningan menyukseskan PIN Polio 2016. Dengan imunisasi kepada keluarga, sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih meningkat. Terlebih lagi dengan berbagai jenis penyakit baru yang belakangan muncul,” tandas Raji.

Adapun pada kesempatan tersebut Bupati Kuningan didampingi Sekda, Ketua TP PKK, Kepala BKBPP, Kepala Dinkes, Camat Cipicung serta sejumlah pejabat lainnya melakukan pemukulan Gong dan pemberian tetes vaksin Polio secara simbolis kepada beberapa orang balita, sebagai tanda dicanangkannya PIN Polio tingkat Kabupaten Kuningan. (MC Kuningan/Yudi)