Bupati Kuningan Buka MTQ Ke-43 Tahun 2016

Dalam upaya merealisasikan salah satu visi Kabupaten Kuningan yakni “Agamis” Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Kesra menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-43 Tahun 2016 yang dipusatkan di halaman Desa Jalaksana Kec.Jalaksana Kab.Kuningan.

Kegiatan MTQ yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan, Hj.Utje Ch Suganda, Rabu (24/2/2016) diawali dengan pawai Ta’aruf yang diikuti para Khafilah dri 32 Kecamatan se-Kab.Kuningan. turut hadir pada pembukaan MTQ ke-43, Wakil Bupati Kuningan H.Acep Purnama, Dandim 0615 Kuningan, Kapolres Kuningan, Kajari Kuningan, Kepala Kantor Kemenag Kab.Kuningan, Sekda Kuningan, Para Kepala SKPD dan Camat, Para Alim Ulama serta sejumlah undangan lainnya.

Kabag Kesra Setda Kab.Kuningan, Drs.H.Toto Toharudin, M.Pd selaku ketua panitia penyelenggara, dalam laporannya menyampaikan, Kegiata MTQ Ke-43 Tahun 2016 akan dilaksanakan selama dua hari (24 & 25/2/2016) dipusatkan di Halaman Desa Jalaksana.

Selanjutnya, dalam MTQ tersebut Kata Toto, akan dipertandingkan 14 Cabang lomba dinataranya, Cabang Tilawah Anak-anak Putra dan Putri, Tilawah Remaja Putra dan Putri, Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Murottal, Hifdzil Qur’an golongan 1 Juz, Hifdzil Qur’an golongan 5 Juz, Hifdzil Qur’an golongan 10 Juz, Syarhil Qur’an, Famil Qur’an, Kaligrafi serta cabang Makalah Qur’an.

“Disamping Rangkaian Kegiatan MTQ, akan dilaksanakan pula Launching beasiswa untuk pengkaderan Qari/Qari’ah, Hafid/Hafdoh sebanyak 100 orang se-Kab.Kuningan yang merupakan refresentasi dari tiap kecamatan, perwakilan podok pesantren dan perwakilan sekolah dan madrasah,” pungkas Toto.

Sementara Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Suganda dalam sambutannya mengatakan, bahwa Musabaqoh Tilawatil Qur’an merupakan salah satu media dalam upaya meningkatkan talisilaturahmi dan ukhuwah Islamiyah, disamping itu juga dalam upaya mencari bibit qori dan qoriah yang ada di Kabupaten Kuningan untuk dibina dan ditampilkan sebagai wakil kuningan dalam even MTQ tingkat propinsi maupun Nasional.

Bupati menambahkan, dengan MTQ diharapkan masyarakat lebih mencintai dan gemar membaca Al Qur’an, memahami isi kandungan Al Qur’an dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Pelaksanaan MTQ adalah salah satu momentum bagi umat Islam dalam memuliakan Al Qur’an dengan harapan mendapat nilai ibadah dihadapan Allah SWT,” ungkap Utje.

Selanjutnya Bupati berharap agar momentum MTQ dapat memberi arah dan dorongan lebih kuat untuk memperkuat sinergitas antara pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat, khususnya para tokoh dan alim Ulama supaya lebih harmonis serta dapat menarik minat masyarakat Kab.Kuningan untuk gemar membaca Al Qur’an. Usai memberikan sambutan, Bupati Kuningan melakukan pemukulan bedug sebagai simbol dibukanya kegaiatn MTQ ke-42 Tahun 2016 tingkat Kab.Kuningan. (MC Kuningan/Yudi)