Dekranasda Kuningan Terbaik Tingkat Jabar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kuningan terpilih sebagai yang terbaik pada Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) ke XI yang digelar di Graha Manggala Siliwangi Bandung, Minggu (27/12/2015).

Prestasi tersebut diraih, setelah bersaing dengan stand dari 80 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Ditambah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan Palembang.

Prestasi gemilang ini, semakin menambah rentetan prestasi Dekranasda Kuningan pimpinan H.Aaang Hamid Suganda dalam dua tahun terakhir, setelah sebelumnya meraih juara 1 stand terbaik Pemeran Pekan Olahraga Seni Perbatasan (Porsenitas) BKAD Kunci Bersama di Kota Cirebon, Juara 3 Stand Terbaik Jabar Expo di Bandung Tahun 2015, Juara 1 Workshop Kerajinan Anyaman Jawa Barat di Ciamis serta juara 1 Stand Terbaik Pameran Pembanguan Kabupaten Kuningan.

Kabag Ekonomi Setda Kab.Kuningan yang juga merupakan Sekretaris Dekranasda, Trisman Supriatna, M.Pd mengatakan, Dekranasda Kuningan menampilkan Stand dengan konsep sunda, dimana Stand dikelilingi menggunakan ornamen bambu hitam dan limbah kayu.

Di dalam Stand juga diisi dengan berbagai produk kerajinan unik dan menarik seperti anyaman bambu, patung kayu dan produk kerajinan lainnya yang berasal dari pengrajin binaan Dekranasda. Selain kerajinan tangan, lanjut Trisman, Dekranasda Kuningan juga menampilkan produk makanan khas seperti, Peuyeum ketan, Jeniper, Gemblong, Rangginang, Gadung dll.

“Dari sisi materi dan estetika itulah, akhirnya Stand Dekranasda Kuningan meraih predikat Stand Terbaik 1 Jabar,” Kata Trisman.

Lebih lanjut Trisman mengemukakan, selain sisi penataan yang menjadi perhatian serius, nilai tambah lainnya bagi stand Dekranasda Kuningan, ialah telah melakukan transaksi jual beli materi pameran sekitar 12 jutaan dalam kurun waktu lima hari.

“Setiap harinya, terjadi kehebohan transaksi yang membuat petugas Stand sibuk. Meski begitu, petugasnya selalu bersikap interaktif kepada setiap pengunjung dengan membagikan leaflet promosi pariwisata kuningan serta menawari pengunjung untuk mencicipi aneka makanan khas kuningan,” pungkas Trisman. (MC Kuningan/Yudi)