Dinas Koperasi dan UKM Gelar UKM Expo Pertama di Kabupaten Kuningan

Dalam upaya mendorong pelaku usaha mikro di Kabupaten Kuningan agar lebih giat lagi dalam memacu usahanya, Dinas Koperasi dan UKM Kab.Kuningan melakukan langkah terobosan dengan menggelar UKM Expo 2015.

UKM Expo yang digelar selama empat hari (10-14/12/2015) itu, bertempat di Lapangan Pandapa Paramarta Komplek Stadion Mashud Wisnu Saputra Kuningan dengan melibatkan 60 UKM dari Kabupaten Kuningan dan daerah perbatasan yang tergabung dalam wilayah Kunci Bersama.

Wakil Bupati Kuningan H.Acep Purnama, SH.MH, saat membuka kegiatan tersebut, Kamis (10/12/2015) mengatakan, dengan digelarnya UKM Expo untuk yang pertama kalinya di Kab.Kuningan, mencerminkan adanyan keseriusan dari Pemerintah Daerah dalam memberikan pembinaan terhadap para pelaku usaha mikro dalam menggali, mengembangkan dan mengoptimalkan usahanya dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.

“mau tidak mau, suka tidak suka seluruh negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia akan terlibat dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir Desember tahun ini, para pelaku usaha mikro pun diharapkan siap mengahadapi MEA dengan meningkatkan inovasi produk dan pemasarannya. Karena produk UKM kita akan bersaing dengan produk negara Asean lainnya,” jelas Acep.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ir.H.Dodi Nurochmatuddin, MP kepada Info Kuningan mengatakan, menurut rencana awal UKM Expo akan digelar selama tiga hari (10-13/12/2015), namun karena antusias masyarakat yang cukup tinggi untuk menghadiri acara tersebut, maka penyelenggaraannya ditambah satu hari sampai tanggal 14 Desember 2015.

“selain para pelaku usaha mikro, dalam UKM Expo ini juga diramaikan oleh pengusaha-pengusaha luar Kuningan yang akan menjual berbagai macam kebutuhan baik fashion maupun makanan. Selain itu juga akan dihadirkan seluruh perbankan yang ada di Kuningan untuk menunjang para pengusaha yang membutuhkan modal, jadi dengan begitu diharapkan akan terjadinya akad transaksi antara pelaku usaha dengan pihak perbankan untuk jangka panjang,” tutur Dodi. (MC Kuningan / Yudi)